Pages

Ads 468x60px

Minggu, 11 November 2012

Mata Kuliah Pengelolahan Instalasi Komputer (PIK)

Komponen Utama Dari PC


     1.    Cesing
Casing adalah perangkat berbentuk tabung yang berfungsi untuk wadah atau tempat perangkat-perangkat keras (hardware) CPU.





  2.    Power Supply
Power supply adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk mensuplai arus listrik ke komponen-komponen komputer lainnya seperti motherboard, hard disk, optical disk drive, dan lain sebagainya.

  

    3.    Motherboard
Motherboard adalah komponen komputer tempat kita menancapkan atau memasangkan komponen-komponen komputer lainnya seperti processor, video card, sound card, hard disk, dan lain sebagainya, yang berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain.




   4.    Processor
Processor Komponen yang satu sering kali di ibarat dengan otak sebuah komputer, sesuai namanya processor adalah komponen yang berfungsi memproses perintah dan logika yang diberikan oleh operator komputer, banyaknya jenis processor yang ada sebanding dengan software yang berkembang dipasaran kerena dituntut untuk dapat melakukan banyak perkerjaan salam satu waktu terkadang pemilihan processor yang kita gunakan harus tepat, karena jika sampai salah pilih akan berimbas pada lambatnya proses kerja sebuah komputer yang pasti berimbas langusng pada pekerjaan pengguna komputer


   5.   RAM
RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, yaitu sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang kita jalankan dan data-data tersebut bisa diakses secara acak atau random.



   6.    Card Grafis (VGA atau AGP)
Card grafis adalah perangkat berupa rangkaian elektronik berbentuk seperti kartu, yang ini adalah komponen komputer yang berfungsi sebagai alatmengolah gambar sebelum ditampilkan ke monitor, banyaknya kebutuhan pengolahan gambar bagi gamers atau designer



 7.    Sound Card
Sound card adalah perangkat multimedia berbentuk seperti kartu, yang berfungsi sebagai pengolah data berupa audio atau suara dan sebagai penghubung alat input/output suara ke komputer.


8.    Network Card (NIC)
Network Card (NIC) adalah bagian hardware komputer yang dirancang agar komputer dapat berkomunikasi dalam jaringan komputer, yang berfungsi Media pengirim data ke komputer lain di dalam jaringan mengontrol data flow antara komputer dan sistem kabel menerima data yang dikirim dari komputer lain lewat kabel dan menerjemahkannya ke dalam bit yang dimengerti oleh komputer 



 9.      Hard Disk            
Hard disk adalah komponen komputer tempat kita menyimpan data, yang berfungsi sebagai media penyimpanan data pada komputer, kapasitas yang benar tentu saja berpengaruh terhadap jumlah data yang dapat kita simpan, ditambah lagi buffer yang besar akan membantu kecepatan transfer baik antar hardisk ataupun untuk proses suatu program Fungsi lain dari hardisk untuk penyimapanan data yang bersifat mobile dengan sedikit penambahan casing pada hardisk laptop.

 
    10.  Floppy Disk
Floppy disk  adalah media penyimpanan data yang terdiri dari disk tipis, fleksibel ("floppy") media penyimpanan magnetik terbungkus di shell plastik persegi atau persegi panjang, yang berfungsi dari sebuah floppy disk untuk menyimpan jumlah yang relatif  kecil dari data komputer, tidak lebih dari 1. 44MB, pada kecil, portable drive.  
  


    11.  Optical Disk Drive
Optical Disk Drive adalah merupakan akronim dari “compact disc read-only memory”) adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc)yang dapat menyimpan data, yang berfungsi untuk pembacaan pada media CD ataupun DVD.

 

     12.  Cabel Sata & IDE
Cabel Sata & IDE adalah sebuah komponen komputer yang menghubungkan antara harddisk dan motherboard, yang berfungsi untuk mempercepat akses transfer data.

   
13.  I/O Card
I/O Card adalah sebuah card yang berfungsi menghubungkan motherboard dengan alat input dan alat output. la juga berhmgsi menghubungkan motherboard dengan harddisk dan floppy disk drive.

 



      14.     Heatsink (Fan)
Heatsink adalah logam dengan design khusus yang terbuat dari alumuniun atau tembaga (bisa merupakan kombinasi kedua material tersebut) yang berfungsi untuk memperluas transfer panas dari sebuah prosesor, yang berfungsi untuk membantu proses pendinginan sebuah processor. Secara teknik, semakin luas permukaan perpindahan panas sebuah benda maka akan semakin cepat proses pendinginan benda tersebut.



15.   Monitor
Monitor adalah alat yang dimana kita bisa melihat gambar yang muncul didalam suatu komputer, monitor yang berfungsi menampilkan data atau informasi dalam bentuk teks dan grafik.






    16.   Keyboard 
     Keyboard adalah salah satu alat input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai
media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya
yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.




    17.   Mouse
Mouse adalah salah satu input device yang berfungsi untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.



    18.   Microphone
Microphone berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer dan untuk berbicara saat sedang chatting.


  

   19.   Webcam
Berfungsi untuk mengambil gambar/video untuk ditransfer ke internet.





         20.   Scanner
      Scanner berfungsi untuk menyalin/mengambil gambar file dari luar komputer yang hasilnya akan ditampilkan di komputer.






21.   Speaker
Speaker memiliki fungsi untuk menghasilkan atau mengeluarkan efek suara dari komputer.
  

     22.   Printer
Printer yaitu peralatan keluaran yang digunakan untuk mencetak data/informasi dari komputer dengan kerta



Tidak ada komentar:

 

Sample text

Sahabat Followers

Sample Text