Pages

Ads 468x60px

Jumat, 23 November 2012

Definisi Insomnia, Penyebab dan Tips menghindari INSOMNIA


~ Definisi Insomnia ~

     Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun.

     Insomnia ada tiga macam, yaitu pertama, Initial Insomnia artinya gangguan tidur saat memasuki tidur. Kedua, Middle Insomnia yaitu terbangun di tengah malam dan sulit untuk tidur lagi. Ketiga, Late Insomnia yaitu sering mengalami gangguan tidur saat bangun pagi

     Banyak penderita insomnia tergantung pada obat tidur dan zat penenang lainnya untuk bisa beristirahat. Semua obat sedatif memiliki potensi untuk menyebabkan ketergantungan psikologis berupa anggapan bahwa mereka tidak dapat tidur tanpa obat tersebut.


~ Penyebab imsomnia ~

     Insomnia bisa disebabkan berbagai faktor, di antaranya karena hormonal, obat-obatan, dan kejiwaan, bisa juga karena faktor luar misalnya tekanan batin, suasana kamar tidur yang tidak nyaman, ribut atau perubahan waktu karena harus kerja malam. Selain itu kopi dan teh yang mengandung zat perangsang susunan syaraf pusat, tembakau yang mengandung nikotin, obat pengurus badan yang mengandung amfetamin, adalah contoh bahan yang dapat menimbulkan kesulitan tidur. Banyak ahli menyatakan, gangguan tidur tidak langsung berhubungan dengan menurunnya hormone, namun kondisi psikologis dan meningkatnya kecemasan, gelisah, serta emosi yang sering tidak terkontrol akibat menurunnya hormon estrogen, bisa menjadi salah satu sebab meningkatnya risiko gangguan tidur.

     Penyebab insomnia yang utama adalah adanya permasalahan emosional, kognitif, dan fisiologis. Ketiganya berperanan terhadap terjadinya disfungsi kognitif, kebiasaan yang tidak sehat, dan akibat-akibat insomnia.


~ Tips Menghindari insomnia ~

     Berikut ini adalah 10 tips untuk membantu mengatasi insomnia dan memaksimalkan tidur malam yang sehat


tips 1
     Pertahankan tempat tidur tetap bebas dari kekusutan dan kekacauan. Pastikan anda mempunyai ranjang dan kasur yang benar sesuai dengan kebutuhan anda. Kasur yang salah mungkin dapat menyebabkan masalah otot dan gangguan tidur.


tips 2
     Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur dan sex. Jangan gunakan tempat tidur untuk menonton TV, makan, kerja atau aktifitas lain. Jika anda termasuk salah satu orang yang senang membaca sebelum tidur, bacalah buku yang menyenangkan di tempat tidur.


tips 3
     Terapist sering menggunakan teknik “rekondisi” sebagai bagian dari rencana terapi insomnia. Dengan metode ini, orang direkondisikanuntuk mengasosiasikan tempat tidur dengan tidur. Jika anda mendapatkan diri anda tidak bisa tidur sama sekali, pergi dari tempat tidur dan pindahlah ke ruangan lain, sehingga anda hanya mengasosiasikan tempat tidur dengan tidur tidak dengan keletihan.


tips 4
     Tetapkan sebuah siklus tidur-bangun yang teratur. Tubuh anda akan belajar membuat jam internal untuk dirinya sendiri dan akan merespon jadwal anda dan akhirnya terjadi respon internal thd isyarat untuk tidur sesuai dengan waktu yang anda tetapkan dan bangun juga sesuai dengan yang anda tetapkan. Cara terbaik untuk memulai hal ini adalah dengan bangun pada jam yang sama setiap pagi meskipun pada hari minggu.


tips 5
     Semenggiurkan apapun itu, tidur siang dapat menyebabkan jatuh tidur pada malam hari menjadi lebih sulit. Tidur ekstra pada saat weekend juga dapat merusak jadwal tidur anda dan memperburuk insomnia pada pertengahan minggu.


tips 6
     Batasi konsumsi kafein anda pada sore dan malam hari. Ingat bahwa makan coklat, minum cocoa atau cola merupakan sumber kafein.


tips 7
     Jangan minim minuman beralkohol beberapa jam sebelum tidur. Alkohol dalam jumlah berlebihan pada suatu waktu di siang hari juga dapat mengganggu pola tidur dan menyebabkan tidur yang tidak memuaskan. Merokok juga dapat memperburuk insomnia.


tips 8
     Lakukan latihan/olahraga pada siang hari, tetapi jangan melakukan latihan yang terlalu berat sebelum waktu tidur.


tips 9
     Makan banyak pada malam hari atau makan beberapa saat sebelum tidur juga dapat mengganggu tidur anda.


tips 10
     Buatlah sebuah periode yang nyaman beberapa saat sebelum tidur. Cobalah untuk membebaskan pikiran anda dari kekacauan dan pikiran2 yang menyusahkan dan lakukan kegiatan yang rileks seperti membaca, mendengarkan musik atau menonton film yang menyenangkan.

Tidak ada komentar:

 

Sample text

Sahabat Followers

Sample Text